KELAS
X
BAB
1
Materi
pokok Geografi :
Pengetahuan Dasar Geografi
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1) Buku
Pelajaran
2) Internet
3) Jurnal
ilmiah
4) Berita
dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
5) Lingkungan
6) Peta
(peta umum, peta geologi, peta kawasan rawan bencana)
7)
Video
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
Sebelum
kelas dimulai peserta didik harus sudah membawa buku pelajaran, artikel yang
telah dicari.
1. Pemberian
pengertian dan konsep yang banyak akan membuat peserta didik jenuh dan cepat
bosan dalam kegiatan pembelajaran. Pemberian konsep bisa diberikan melalui
kasus tertentu misal (arus mudik).
2. Pencarian
artikel on line atau hard file
sebagai sumber untuk dicari peserta didik yang sudah dibawa menjadi bahan
analisis untuk membaca kemudian ditelaah secara analisis ada fenomena apa yang
berkaitan dengan konsep geografi missal (keterjangkauan, ataum konsep lokasi).
3. Peserta
didik diberi permainan teka-teki bekaitan dengan konsep yang telah dibahas
kemudian diberi tugas untuk menjawab teka-teki tersebut.
4. Penarikan
kesimpulan melalui Tanya jawab dan peserta didik diarahkan untuk mencari
pengertian, konsep, ruang lingkup, dan pendekatan geografi.
5. Pemberian
setiap sub materi bisa melalui video perjalanan, sedangkan materi pendekatan
geografi bisa dilakukan dengan contoh nyata dilingkungan melalui diskusi.
A.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
a. Eratosthenes
mengungkapkan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang melukiskan dan
menggambarkan tentang keadaan dipemukaan bumi.
b. Prof
Bintarto, geografi adalahilmu pengetahuan yang menguraikan sifat-sifat bumi,
menganalisis gejala alam atau penduduk.
c. Semlok
IGI, disimpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan
perbedaan fenomena geosfer dalam sudut pandang lingkungan, kewilayahan, dalam
konteks keruangan.
2.
Konsep
- Konsep Lokasi,
yaitu tempat yang menunjukan absolute (mutlak), dan letak relative
dipermukaan bumi.
- Konsep Jarak,
waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai dari satu lokasi ke lokasi
yang lain.
- Konsep
Keterjangkauan, konsep yang berkaitan dengan kemudahan sarana atau prasan
dalam menjangkau suatu tempat.
- Konsep Pola, tata
atur dalam keruangan suatu wilayah.
- Konsep Morfologi,
konsep yang menjelaskan bentuk dipermukaan bumi.
- Konsep Aglomerasi,
konsep persebaran dalam membagi dalam beberapa sektor.
- Konsep interaksi
dan interdependensi, konsep yang menjelaskan suatu ketergantungan atau
adanya hubungan antara wilayah satun dengan wilayah lainnya.
- Konsep
diferensiasi area, konsep yang menjelaskan adanya perbedaan dalam suatu
wilayah.
- Konsep keterkaitan
Wilayah dan Ruang, keterkaitan ruang biasanya dilihat dari adanya fenomena
yang sama dalam gejala geografis.
3.
Ruang
Lingkup
a. Geografi
Fisik
Melihat geografi sebagai kondisi
alam atau lingkungan dan keberadaannya dalam ruang.Topic kajian utamanya berada
dalam kajian geosfer.
b. Geografi
Manusia
Geografi dianggap sebagai ilmu
sosial dimana kajian utamanya berada pada kehidupan manusia dalam ruang.Missal
geografi ekonomi, dll.
4.
Objek
Studi
- Objek material
geografi, merupakan geosfer yaitu terdiri dari beberapa lapisan seperti
atmosfer, hidrosfer, litosfer,n biosfer, dan antroposfer.
- Objek formal
Geografi, cara pandang dalam menyelesaikan permasalahan geografi.
5.
Prinsip-prinsip
- Prinsip penyebaran
- Prinsip interelasi
- Prinsip deskripsi
- Prinsip korologi
6.
Cabang-cabang
Ilmu Geografi
- Astronomi/Kosmografi
- Meteorologi/Kliatologi
- Geologi/Geomorfologi
- Hidrologi
- Biogeografi
- Penginderaan Jauh
- dsb.
Sumber : Iskandar, L.2012. Geografi Kelas X.
Bandung. Rosda Karya
BAB
2
Materi
pokok Geografi :
Langkah Penelitian Geografi
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a. Data
b. Orang
c. Materi
d.
Lingkungan
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
a.
Data
Data sebagai sumber belajar dapat
digunakan dengan peserta didik diminta untuk mencari dan membaca artikel yang
berkaitan dengan penelitian geografi.
b. Orang
Orang
sebagai sumber belajar adalah guru atau narasumber yang berkaitan dengan
penelitian geografi. Sehingga peserta didik dapat bertanya kepada orang
tersebut yang berkaitan dengan penelitian yang mereka akan lakukan.
c. Materi
Materi/bahan
sebagai sumber belajar merupakan materi pokok yang dapat dijadikan landasan
teori atau sistematika dalam pembuatan suatu laporan penelitian oleh peserta
didik yang akan disampaikan/dijelaskan oleh guru atau peserta didik yang
mencari bahan-bahannya.
d.
Lingkungan
Lingkungan sebagai sumber belajar
terdiri dari lingkungan sosial dan fisik (alam). Lingkungan dapat digunakan dengan
cara melakukan kegiatan dengan membawa peserta didik ke lingkungan, seperti
karyawisata, berkemah, praktek lapangan dan sebagainya. Dalam proses
pembelajaran dengan cara tersebut akan mampu mempelajari dua lingkungan secara
langsung baik itu lingkungan sosial maupun alam. Pilih lingkungan yang dekat
dengan sekolah atau rumah sehingga lebih ekonomis dan praktis.
BAB
3
Materi
pokok Geografi :
Mengenal Bumi
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1.
Buku teks pelajaran Geografi kelas X
Buku teks pelajaran ini digunakan saat
proses belajar mengajar sehari-hari di kelas. Buku ini menjadi panduan siswa
dalam memahami topic-topic bahasan dalam materi pokok mengenal bumi dan buku
teks pelajaran ini juga dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan
oleh guru. Semua topic bahasan dalam materi pokok mengenal bumi, dapat
menggunakan buku teks sebagai sumber belajarnya
2.
Video pembelajaran
Video pembelajaran ini digunakan untuk mempermudah siswa
memahami suatu topic bahasan. Topic bahasan yang dapat menggunakan video
sebagai sumber belajarnya antara lain mengenai teori penciptaan planet bumi dan
karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua. Video pembelajaran ini
ditayangkan di depan kelas dengan menggunakan proyektor. Setelah penayangan
video selesai, guru memberikan penjelasan kembali mengenai isi video tersebut
agar semua siswa memiliki pemahaman yang sama.
3.
Globe dan alat peraga planet
Globe dan alat peraga planet ini dapat
menjadi sumber belajar untuk beberapa topic bahasan dalam materi utama mengenal
bumi. Topic bahasan tersebut antara lain mengenai gerak rotasi dan revolusi
bumi.
4.
Teknologi/internet
Internet
ini digunakan untuk menunjang siswa dalam memahami topic bahasan dalam
materi utama mengenal bumi. Guru dapat member tugas kepada siswa untuk membaca
beberapa sumber belajar di internet agar pengetahuan dan pemahaman siswa
bertambah.
Langkah penggunaan dari masing-masing
sumber belajar :
Pendahuluan
-
Guru membuka pelajaran dengan bercerita
tentang bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup.
-
Guru menggali pengetahuan peserta didik
berkaitan dengan materi mengenal bumi
-
Guru merespon jawaban peserta didik
kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran dan apa saja yang akan dibahas
Kegiatan
Inti
-
Guru memutarkan video mengenai teori
penciptaan planet bumi dan karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua.
Setelah itu guru menjelaskan kembali mengenai isi video tersebut
-
Peserta didik diminta untuk membagi
kelompok menjadi 3 dan masing masing kelompok mengambil undian materi yang akan
dibahas. Bahasan pertama yaitu gerakan rotasi dan revolusi bumi, bahasan kedua
yaitu kala geologi dan sejarah kehidupan, kelompok ketiga yaitu kelayakan
planet bumi untuk kehidupan.
-
Guru menjelaskan aturan diskusi yang
akan dilakukan
-
Masing-masing kelompok mengambil media
pelajaran yang telah disediakan. Kelompok satu yakni belajar menggunakan globe
dan alat peraga planet. Kelompok kedua menggunakan buku teks mengenai materi
kala geologi dan sejarah kehidupan, kelompok ketiga menggunakan internet.
-
Peserta didik diminta untuk memahami
tiap materi kemudian mempresentasikannya di depan kelas.
Penutup
-
Peserta didik diminta member kesimpulan
-
Guru memberi kesimpulan secara
keseluruhan
BAB
4
Materi
pokok Geografi :
Interaksi Manusia dan Lingkungan
dalam Dinamika Litosfer
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1.
Aktivitas
manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun litosfera
2.
Pengaruh
tektonisme terhadap kehidupan
3.
Pengaruh
vulkanisme terhadap kehidupan
4.
Pengaruh
seisme terhadap kehidupan
5. Pengaruh proses eksogen terhadap kehidupan
6.
Pembentukan
tanah dan pemanfaatannya
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
1.
Data : Guru menampilkan data – data
hasil dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi data yang ditampilkan
adalah data seperti perubahan lahan disuatu daerah yang disebabkan oleh gunung
api yang meletus. Data yang akan ditampilkan adalah data perubahan sosial
yang berdampak langsung terhadap mata
pencaharian.
2.
Benda/Orang.
a. Benda
: Untuk benda guru dapat memberikan peta perubahan lahan yang diakibatkan oleh
letusan gunung api tersebut. Guru juga dapat menyarankan kepada peserta didik
untuk mencari informasi mengenai fenomena Vulkanisme yang diinformasikan
melalui radio dan TV.
3.
Materi :
Guru dapat menayangkan video/film yang menampilkan fenomena vulkanisme
yang berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Selanjutnya guru dapat
menjelaskan materi tersebut dengan bantuan Buku Geografi dan hangout sesuai
materi yang terkait.
4.
Prosedur: Prosedur yang digunakan sesuai
dengan RPP yang dibuat oleh guru
5.
Teknik: data, informasi dan video yang
di dapat dari guru dibahas dalam diskusi kelompok.
6.
Lingkungan: Simulasi di dalam taman
sekolah dengan tema meletusnya gunung merapi dan dampak di masyarakat.
BAB
5
Materi
pokok Geografi :
Interaksi manusia dan
lingkungan dalam dinamika atmosfer
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1.
Materi
2.
Teknik
3. Orang
/ Benda
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
a. Siswa
diminta untuk membaca buku terlebih dahulu sesuai dengan materi yakni atmosfer.
b. Guru
menayangkan video yang berkaitan dengan atmosfer.
c.
Guru mengulas tayangan yang ada di
video.
Melakukan
teknik diskusi. Membuat dua kelompok besar, masing-masing kelompok membuat
beberapa pertanyaan dan pertanyaan tersebut di ajukkan kepada kelompok yang
lainnya untuk di jawab.
BAB
6
Materi
pokok Geografi :
Dinamika Hidrosfer
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a. Buku
teks pelajaran geografi kelas X
b. Jurnal
ilmiah
c. Informasi
berkala instansi terkait
d. Peta
tematik
e. Media
audio visual
f. Situs
terkait di internet
g.
Dan lain-lain
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
a. Buku
teks pelajaran geografi kelas X
Langkah penggunaan buku teks pelajaran greografi
kelas X bisa digunakan pada saat proses pembelajaran baik di dalam kelas ketika
guru sedang menjelaskan suata, selain itu bisa digunakan di luar kelas seperti
di rumah masing-masing siswa sebagai buku panduan belajar siswa di luar kelas
tanpa guru yang membimbingnya.
b. Jurnal
ilmiah
Langkah penggunaan jurnal ilmiah bisa digunakan
sebagai sumber belajar tambahan, selain itu hal tersebut dapat membuat siswa
dapat mencari sumber belajar lainnya yang terkait dengan materi yang sedang
dipelajari, hal tersebut juga membuat siswa dapat belajar lebih aktif, dan
siswa lebih terbangun rasa keingintahuannya.
c. Informasi
berkala instansi terkait
Langkah tersebut dapat digunakan ketika guru
membutuhkan data-data yang akurat yang terkait dengan materi yang dipelajari
d. Peta
tematik (hidrosfer)
Peta tematik ini digunakan sebagai media penunjang
dalam setiap proses pembelajaran yaitu untuk memperjelas dalam proses
pembelajaran dan digunakan sebagai data penunjang guru untuk mengidentifikasi
kondisi hidrrologis dari suatu tempat yang berguna sebagai bahan
e. Media
audio visual
Langkah penggunaan media audio visual digunakan pada
saat guru menjelaskan materi yang memang harus dijelaskan melalui gambar
ataupun video, contohnya ketika guru menjelaskan siklus hidrologi yang memang
perlu dibantu dengan media pembelajaran yaitu dengan menampilkan gambar atau
video, dengan langkah tersebut diharapkan siswa mampu memahami materi tersebut.
f. Situs
terkait di internet
Situs terkait di internet bisa digunakan ketika guru
memberi tugas kepada siswa tentang materi yang terkait, contohnya ketika guru
memberi tugas kepada siswa untuk mencari data tentang hidrologi di Balai
Pengelolaan DAS dan Pusat Penelitian Oceanografi, data tersebut bisa didapat
diwebsite balai pengolaan dan penelitian tersebut.
g. Lingkungan
Sekitar yang Terkait
Lingkungan sekitar yang terkait bisa digunakan
ketika guru menyuruh siswa untuk mengasosiasikan materi hidrosfer di kehidupan
nyatanya
h. Dan
lain-lain
Sumber
lain-lain ini digunakan sebagai bahan pendukung yang berhubungan dengan materi
untuk menunjang proses pembelajaran dan sebagai penambah wawasan guru dan juga
peserta didik.
BAB
7
Materi
pokok Geografi :
Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam.
Kelas :
X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1) Buku
Pelajaran
2) Internet
3) Jurnal
ilmiah
4) Berita
dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
5) Lingkungan
6) Peta
(peta umum, peta geologi, peta kawasan rawan bencana)
7)
Video
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
Dalam melaksanakan pembelajaran dibutuhkan sumber belajar untuk
memenuhi kebutuhan siswa.Sumber belajar merupakan sarana bagi siswa untuk memahami
materi pembelajaran.Langkah-langkah yang digunakan sumber belajar sebagai
berikut.
1)
Buku Pelajaran
Buku pelajaran
digunakan sebagai sumber belajar karena berisi tentang teori dan konsep
belajar.Di dalam buku pelajaran, siswa dapat membandingkan konsep maupun teori
terhadap hal-hal yang bersifat konkret.Umumnya langkah saintifik yang digunakan
dalam buku pelajaran yaitu mengamati.Siswa membaca buku pelajaran tentang
mitigasi bencana berupa jenis-jenis dan karakteristik bencana yang sering
muncul di wilayah Indonesia.
2)
Internet.
Internet
digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi selain yang ada di dalam buku
pelajaran.Umumnya informasi yang ada di internet menambah pengetahuan baru bagi
siswa karena informasi tentang mitigasi bencana selalu sesuai dengan
perkembangan jaman.Langkah saintifik yang digunakan pada sumber belajar
internet yaitu mengumpulkan informasi.Siswa mencari informasi tentang jenis dan
karakteristik bencana alam di Indonesia.
3)
Jurnal Ilmiah dan Berita dan kasus yang
dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
Jurnal ilmiah
dan koran/majalah digunakan oleh guru untuk menjadi bahan ajar tambahan yang
terbaru karena bencana yang terjadi dapat berubah-ubah. Serta dijadikan contoh
bahan ajar mengenai jenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah rawan
bencana alam di Indonesia, upaya
pengurangan resiko bencana alam dan kelembagaan penanggulangan bencana alam,
selain itu peserta didik juga diminta untuk menganalisis jurnal tersebu
4)
Lingkungan
Lingkungan
menjadi salah satu sumber belajar bagi siswa karena bersifat konkret atau fakta
yang terjadi di dalam kenyataan.Siswa dapat melakukan komparasi antara konsep
yang telah diberikan oleh guru yang bersifat teoritis yang ada di kelas dengan
melakukan pembuktian dengan mengamati fenomena yang ada di lingkungan.
5)
Peta
Peta digunakan
sebagai sumber belajar pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Sumber
belajar peta bisa menggunakan peta umum sebagai peta dasar bagi siswa untuk
mengenali wilayah geografis indonesia, peta geologi digunakan untuk mengenali
persebaran sumber galian maupun faktor-faktor penyebab bencana dan peta kawasan
rawan bencana sebagai bahan yang digunakan untuk mengetahui wilayah yang
terkena langsung dampak bencana serta mencari lokasi yang aman untuk evakuasi.
6)
Video
Video digunakan sebagai
sumber belajar karena berisi penjelasan melalui media audio dan visual.Pada
sumber belajar ini melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan mendengar
informasi dan kemampuan menganalisis fenomena secara visual.D
KELAS
XI
BAB
1
Materi
pokok Geografi :
Sebaran Flora Dan Fauna Indonesia Dan Dunia
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
- Data:
Video mengenai persebaran flora dan fauna, peta persebaran flora dan fauna.
- Benda
atau orang: flora dan fauna yang ada di sekitar lingkungan peserta didik
dan guru pendidik.
- Materi:
seperti buku mata pelajaran, internet.
- Lingkungan:
memanfaatkan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik.
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
1. Data yang berupa video diggunakan pada saat awal
pembelajaran di dalam kelas. Agar siswa dapat mengamati mengenai pesebaran
flora dan fauna. Lalu peta dapat digunakan oleh guru dalam menunjukan
persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia saat setelah penampilan
video.
2. Benda. Benda disini ialah jenis-jenis tumbuhan dan
hewan yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sebaiknya guru membawa
gambar-gambar flora dan fauna untuk dijadikan contoh saat menerangkan pesebaran
flora dan fauna di dalam kelas, dimana bersamaat pada saat menunjukan peta
persebaran flora fauna.
3. Lingkungan. Guru mengajak peserta didik untuk
bersama sama mengamati flora dan fauna yang ada di sekitar lingkungan sekolah,
apabila waktu pembelajaran masih memungkinkan.
4.
Materi. Lalu
guru bisa memberikan tugas untuk mencari masalah dan teori teori yang ada dan
meminta peserta didik untuk mengidentifikasi flora dan fauna. Dengan mencarinya
di berbagai sumber seperti buku matapelajaran maupun internet.
BAB
2
Materi
pokok Geografi :
Sebaran Barang Tambang di
Indonesia
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
-
Buku
teks pelajaran geografi kls
XI
-
Data
barang tambang dari kementerian
ESDM
-
Jurnal
ilmiah
-
Informasi
dari instansi terkait
-
Media
Audio Visual
-
Sampel
barang tambang
-
Peta
tematik
-
Sumber
lain yang diperoleh dari situs terkait di internet,
-
Lembar Kerja Siswa
·
Sumber Belajar yang dirancang (by design) diantaranya :
a. Buku
teks pelajaran geografi kls XI
b. Media
Audio Visual
c. Sample
Barang Tambang
d. Sumber
lain yang diperoleh dari situs terkait (di Internet)
e. Lembar
Kerja Siswa
·
Sumber Belajar yang dimanfaatkan (by utilization)
a. Data
Barang Tambang dari kementrian ESDM
b. Jurnal
Ilmiah
c. Instansi
Terkait
d. Peta
Tematik
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
A. Eksplorasi
Dalam eksplorasi,
sumber pembelajaran yang digunakan diantaranya :
1.
Buku Teks Pelajaran Geografi kelas XI
dan Sumber Lain yang Terkait di Internet.
Merupakan
sumber belajar yang dirancang.Digunakan pada saat sebelum memasuki materi
sebaran tambang di Indonesia. Peserta didik diberikan arahan untuk membaca
terlebih dahulu tentang proses pembentukan barang tambang, potensi dan
persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi barang yang tambang ramah
lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta
tata kelola pertambangan. Sehingga peserta didik mendapatan wawasan tersebut
dan guru hanya memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya bagian yang
menurut mereka tidak dimengerti/dipahami.
2. Sample
Barang Tambang
Digunakan
untuk mengeksplorasi berbagai jenis barang tambang.
3.
Media Audio Visual
Digunakan
setelah buku teks pelajaran geografi kelas XI, jadi setelah peserta didik
memahami tentang proses pembentukan barang tambang, potensi dan persebaran
barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi barang yang tambang ramah
lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta
tata kelola pertambangan, peserta didik diberikan suatu film pendek atau movie
tentang kondisi pertambangan di Indonesia.
B.
Elaborasi
Dalam elaborasi, sumber
pembelajaran yang digunakan diantaranya :
1. Informasi
dari Instansi Terkait.
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diajak untuk berkunjung ke museum
geologi, instansi Dinas Pertambangan dan Energi setempat atau bisa observasi di lingkungan sekitar untuk mencari informasi tentang
proses pembentukan barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang,
eksplorasi dan eksploitasi barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan,
efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
2. Data
Barang Tambang dari Kementrian ESDM.
Digunakan
pada saat bereksperimen, dijadikan salah satu sumber pembelajaran untuk
menunjang penyusunan laporan hasil observasi lapangan.
jurnal
Ilmiah
BAB
3
Materi
pokok Geografi :
Potensi Geografi Indonesia
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a. Data
: perbatasan
indonesia, peta sebaran barang tambang indonesia, peta komoditas pertanian
indonesia, vidio potensi geografis indonesia, situs internet terkait
b. Orang/
Benda : Guru, narasumber
lain / Buku, peta, audio visual, atlas
c. Materi : buku geografi kelas
XI
d. Teknik : Diskusi, observasi
e.
Lingkungan : ruang kelas, alam terbuka
Langkah
penggunaan dari masing-masing sumber belajar :
1)
Data
a. Peta
Peserta
didik dapat mengamati dengan menggunakan peta seperti peta batas- batas
indonesia yaitu batas laut territorial, batas landas kontinen, dan zona ekonomi
ekslusif selain itu mengamati peta sebaran barang tambang indonesia, dan peta
komoditas pertanian indonesia. Sebelumnya mencari informasi mengenai deklarasi
juanda.
b. Video
Peserta
didik mengamati video yang menayangkan mengenai potensi fisik dan sosial dari
indonesia, yaitu potensi geografis indonesia untuk ketahanan pangan seperti
potensi pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan; potensi geografis
indonesia untuk bahan baku industry seperti bahan galian bangunan , bahan
bakar, dan lain-lain. Potensi geografis indonesia untuk pengembangan energi
arternatif seperti hidrologi, angin, cahaya matahari dan hydrothermal.
2)
Orang/ Benda
a. Guru
Guru
berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Memberikan fasilitas
dalam penyediaan informasi dan membimbing siswa dalam memproses informasi
tersebut sehinga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.
b. Narasumber
lain
Narasumber
lain seperti tokoh masyarakat, pimpinan lembaga misalnya
Pada
saat peserta didik melakukan observasi ke lapangan seperti ke tempat
pengembangan pembangkit listrik tenaga air.Peserta didik dapat meneliti,
menanyakan dan mengetahui informasi mengenai pengembangan pembangkit listrik
kepada pimpinan lembaganya.
selain
itu dalam mendapatkan informasi tambahan bisa juga dengan menggunakan buku,
peta, dan lainnya yang meyangkut dengan materi tersebut.
3)
Materi
Buku
teks pembelajaran geografi merupakan sumber utama kegiatan pembelajaran.
Sehingga peserta didik dapat mengidentifikasi mengenai luas wilayah dan batas
teritorial, Potensi fisik dan sosial wilayah indonesia, Potensi geografis
indonesia untuk ketahanan panagan, Potensi geografis indonesia untuk menyediaan
bahan industri, Potensi geografis indonesia untuk pengembangan energi
alternatif dengan menggunakan beberapa referensi dari beberapa sumber buku teks
pembelajaran geografi. selain itu sumbermateri lainnya dapat di peroleh juga di
artikel maupun di internet.
4)
Teknik.
a. Observasi
Observasi
lapangan dilakukan agar peserta didik lebih aktif dalam memperoleh informasi
data maupun melakukan kegiatan praktikum langsung dari objek yang di teliti.
Sehingga selain siswa mendapatkan informsi secara langsung siwa pun mendapatkan
pengalaman
b. Diskusi
Dilakukan
untuk bertukar informasi mengenai materi yang telah di terima oleh siswa baik
dari hasil pengamatan, observasi lapangan, studi pustaka dan sebaginya.Selain
itu dengan melakukan teknik diskusi peserta didik, secara tidak langsung
menjadi kreatif hal ini dikarenakan dengan menampilkan materi menggunakan media
yang menarik seperti power point dalam penyampaian materinya.
5)
Lingkungan
a. Ruangan
kelas
Pembelajaran
diruang kelas bisa dugunakan sebagai kegiatan untuk mengamati peta dan video,
diskusi dan untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat
formal.
b.
Alam terbuka
Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai keperluan belajar yang ada dilingkungan sekitar seperti museum, tokoh masyarakat dan lainnya
yang ada di lingkungan sekitar. Misalnya dengan melakukan observasi kelapangan
dan dilakukan dengan bimbingan guru, sehingga Peserta didik dapat dibimbing dan
terarah dalam melakukan observasi.
BAB
4
Materi
pokok Geografi :
Dinamika dan permasalahan
kependudukan
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a. Data: hasil survey lapangan yang telah ada, slide
pembelajaran geografi yang diperoleh dari berbagai sumber.
b. Orang
atau benda : masyarakat dan penduduk yang berkaitan dengan materi pembelajaran,
guru dan tenaga ahli yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, berbagi
pengalaman sesama teman.
c. Materi : berasal dari buku pelajaran, film dan video
yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.
d. Prosedur
: berdasarkan aturan dan materi pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah
atau instansi tertentu.
e. Teknik
: dengan melalui pemecahan masalah yang ada dan melakukan diskusi dalam
kelompok
f. Lingkungan:
lingkungan masyarakat, kelas, sekolah.
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
Dalam
pelajaran dinamika dan permasalahan penduduk sumber belajar tersebut harus
dimanajemes sebaik mungkin supaya proses belajar dan materi yang disampaikan
kepada peserta didik dapat dengan mudah dipahaminya dan tujuan dari
pembelajaran tersebut mudah dicapai. Adapun langkah langkah penggunaan dri
sumber belajar tersebut adalah pada awal pembelajaran, yaitu pada awal
pertemuan dalam proses pembelajaran, guru memberikan materi yang bersumber dari
buku pelajaran, film, video, dan
materi-materi yang ditetapkan dan diberikan oleh pemerintah dan ketentuan oleh
instansi terkait, untuk bagian pertengahan pertemuan guru memberikan
pembelajaran yang bersumber dari pemecahan masalah, diskusi dalam kelompok, dan
melakukan praktek dilapangan atau lingkungan masyarakat. Pada tahap akhir
pertemuan massa pembelajaran, guru melakukan pembelajaran yang bersumber dari
pengalaman teman sekelas yaitu melalui sharing informasi dan berbagi ilmu
pengetahuan, dan pada tahap akhir guru memberikan ujian dan tes untuk
memberikan penilaian terakhir.
BAB
5
Materi
pokok Geografi :
Budaya Nasional dan Interaksi
Global
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
·
Data : peta, koran, majalah, tv, situs
internet terkait, vidio sebaran keragaman budaya nasional
·
Orang : Guru, orang tua.
·
Benda : alat- alat kesenian tradional
dan modern
·
Materi : Buku geografi kelas XI
·
Prosedur : wawancara
·
Teknik : Diskusi, observasi
·
Lingkungan : Masyarakat sekitar tempat
tinggal siswa,
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
·
Data
-
Peta Indonesia dan peta dunia
Peta
yang digunakan sebagai sumber belajar dalam materi budaya nasional dan
interaksi global adalah peta Indonesia dan peta dunia.Peta Indonesia tersebut
digunakan untuk mengetahui karakteristik kebudayaan Indonesia yang berkaitan
dengan letak geografisnya.Sedangkan peta dunia digunakan untuk mengetahui
pengaruh kebudayaan asing dalam memepengaruhi kebudayaan lokal berdasarkan
letak georafisnya.
-
Tv, koran dan majalah
Tv,
koran dan majalah digunakan untuk mengetahui perkembangan budaya saat ini dan
sebagai sumber pengetahuan informal bagi siswa.
-
Vidio keragaman budaya nasional
Vidio
ini digunakan untuk memperlihatkan tayangan keragaman budaya nasional. Karena
dengan menggunakan vidio akan menarik minat siswa sehingga materi dapat
tersampaikan dengan baik.
·
Orang
-
Guru
Guru
berfungsi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Memebimbing siswa
untuk mencapai tujuan pembelajaran.
-
Orang tua
Orang
tua berfungsi sebagai sumber pengetahuan tahap awal anak mengenal
kebudayaan.Membimbing anak agar tidak terpengaruh kebudayaan yang menyimpang.
·
Benda : Alta kesenian tradisional dan
modern
Alat kesenian tradisional dan modern digunakan
sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran. Alat-alat ini juga sebagai
perbandingan kebudayaan tradional dan modern akibat pengaruh dari interaksi
global.
·
Materi : buku geografi kelas XI
Buku Geografi kelas XI di
gunakan sebagai sumber belajar utama bagi siswa.
·
Prosedur : wawancara
Wawancara digunakan untuk
memperoleh data dari masyarakat saat observasi. Data tersebut kemudian di buat
makalah yang nantinya akan dipersentasikan di kelas sebabai bahan diskusi.
·
Teknik
-
Obervasi atau pengamatan merupakan
metode yang diguanakan oleh siswa untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam
pembuatan makalah. Metode ini diangap efektif karena siswa terjun lansung ke
lokasi penelitian yang diinginkan sehingga langsung bertemu dengan objek yang
di teliti.
-
Diskusi merupakan kegiatan bertukar
informasi/data berdasarkan hasil pengamatan siswa di lapangan.
·
Lingkungan : Lingkungan masyarakat
sekitar
·
Lingkungan masyarakat sekitar merupakan
objek kajian dalam observasi.Masyarakat sekitar.
BAB
6
Materi
pokok Geografi :
a. Kegiatan pertanian yang berkelanjutan
b. Kegiatan pertambangan yang berkelanjutan
c. Kegiatan industri yang berkelanjutan
d. Kegiatan pariwisata yang berkelanjutan
e. Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip ekoefisiensi
f. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pemanfaatan sumberdaya
alam.Sertifikat ekolabel (sertifikat untuk produk ramah lingkungan) dalam perdagangan bebas dunia.
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a.
Data : Data dan informasi dari KESDM, KLH, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
b.
Orang atau benda
: Peta tematik,PosterMateri :Buku
teks pelajaran
geografi kls XI,
situs web internet
c.
Prosedur : Silabus dan RPP
d.
Teknik :Diskusi
e.
Lingkungan : Praktikum
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
a. Data :
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami data dan
informasi dari KESDM, KLH, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Orang
atau benda :
- Peserta
didik diminta untuk mengamati dan menganalisis peta tematik (persebaran sumber
daya alam di kecamatan Cikatomas Kabupaten) yang bersumber pada peta RBI lembar
1009-105.
- Peserta
didik diminta untuk memahami gambar contoh sumber daya alam berupa tambang
pasir, petanian, perkebunan,dan pariwisata yang ada di kecamatan Cikatomas.
c. Materi
:
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami serta
mengkomparasikan materi tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di
buku teks pelajaran Geografi kls XI dan situs web internet.
d. Prosedur
:
Guru menerangkan tujuan pembelajaran kepada peserta didik
mengenai materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan
prosedur Silabus serta mempraktikannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
e. Teknik
:
Guru membagi kepada peserta didik menjadi empat kelompok untuk
mendiskusikan materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang di
antaranya pertanian, pertambangan, perkebunan, dan pariwisata untuk persiapan
praktikum.
f. Lingkungan
:
Peserta didik diminta untuk obeservasi lingkungan mengenai
kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di kecamatan Cikatomas, sesuai
dengan kelompok masing-masing lalu hasil dari praktikum tersebut
dipresentasikan sesuai dengan kajian yang telah dibagi.
BAB
7
Materi
pokok Geografi :
a. Lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia).
b. Kualitas dan baku mutu lingkungan.
c. Pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan.
d. Kebijakan dan peta jalan (road map)
implementasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Kelas :
XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
a. Data:
Data KLH (Kementrian Lingkungan Hidup).
b. Orang
atau benda: Gambar dan Peta Jalan (road map) implementasi pembangunan di
Indonesia yang didapat dari Instansi Kementerian PPN/Bappenas.
c. Materi:
Buku teks pelajaran geografi kelas XI, Video animasi (Aliran energi, Rantai makanan, Siklus biogeokimia), Artikel atau berita
kasus yang dimuat di media massa.
d. Prosedur:
Sesuai dengan Silabus Kurikulum 2013 dan RPP.
e. Teknik:
Diskusi.
f.
Lingkungan: Praktikum.
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
a. Peserta
didik diminta untuk mengamati dan memahami Data KLH (Kementrian Lingkungan
Hidup. Data tersebut berupa data informasi mengenai kondisi lingkungan di
Indonesia saat ini baik.
b. Orang
atau Benda:
-
Peserta didik diminta untuk mendengarkan
dan memahami gambar aliran energi, rantai makanan, dan siklus biogeokimia yang
dijelaskan oleh media pembelajaran. Disini guru menggunakan sebuah media visual
(infokus) berupa video animasi yang berisikan gambar tersebut.
-
Peserta didik diminta untuk mengamati
dan menganalisis peta jalan (road map) implementasi pembangunan berkelanjutan
di Indonesia saat ini yang didapat dari Instansi Kementerian PPN/Bappenas. Peta
jalan (road map) ini berupa sebuah gambar dalam kertas yang dibagikan kepada
kelompok. Peserta didik dibagi ke dalam delapan kelompok.
c. Materi:
Peserta
didik diminta untuk membaca dan memahami materi tentang pelestarian lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan di buku teks pembelajaran Geografi kelas XI
dan artikel mengenai pembangunan berkelanjutan dari sumber media internet.
d. Prosedur:
Guru
menerangkan tujuan pembelajaran kepada peserta didik mengenai materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan
berkelanjutan sesuai dengan prosedur Silabus serta mempraktikannya sesuai
dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya.
e. Teknik:
Guru
menyuruh peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok yang
telah dibentuk sebelumnya untuk mendiskusikan materi pelestarian lingkungan
hidup dan pembangunan berkelanjutan yang diantaranya berupa kumpulan beberapa
artikel atau berita kasus tentang pelestarian lingkungan hidup yang berkaitan
dengan pembangunan berkelanjutan yang telah dicari sebelumnya. Artikel tersebut
dianalisis lalu dipersentasikan oleh masing-masing kelompok.
f. Lingkungan:
Peserta
didik diminta untuk observasi lingkungan mengenai pelestarian lingkungan hidup
di Cagar Alam gunung Simpang yang berada di Kecamatan Cicadun, Kabupaten
Cianjur, Jawa Barat.Peserta didik diminta untuk mengisi instrumen yang telah
disediakan sesuai dengan kelompok masing-masing.Instrumen tersebut dianalisis
lalu hasil dari praktikum dituangkan dalam makalah dan dipresentasikan.
KELAS
XII
BAB
1
Materi
pokok Geografi :
Penginderaan Jauh untuk tata
guna lahan dan transportasi
Kelas :
XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1. Buku
teks geografi SMA kelas XII
2. Citra
foto dan digital
3. Jurnal
ilmiah
4. Informasi
berkala instansi terkait
5. Media
audio visual
6. Petatematik
penggunaan lahan dan jaringan transportasi
7. Situs
terkait di internet
Langkah
penggunaan dari masing-masing sumber belajar :
1. Buku
teks geografi SMA kelas XII
Buku
teks geografi dapat digunakan siswa sebagai pegangan awal ddalam pembelajaran
ini. Dalam buku teks terdapat konsep-konsep mengenai penginderaan jauh dan
pemanfaatanya untuk tata guna lahan dan untuk jaringan transportasi. Pesera
didik dapat menjadikan buku teks tersebut sebagai referensi pertama, namun
diharapkan peserta didik tidak puas hanya dengan satu sumber/buku saja, karena
masih banyak sumber-sumber atau buku-buku lain yang membahas mengenai
penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan transportasi ini. Guru juga dapat
memberikan tugas melalui buku ini, seperti meminta siswa untuk mengerjakan
latihan-latihan yang terdapat di dalam buku ini.
2. Citra
foto dan digital
Guru
menyediakan citra foto ataupun citra digital untuk diberikan kepada peserta
didik. Peserta didik diharapkan aktif untuk mengamati citra foto dan citra
digital, ini merupakan tahap awal dalam pembelajaran dengan pendekatan
saintifik. Dengan mengamati citra pesera didik diharapkan mampu memahami dan
paling tidak bisa mengidentifikasi objek-objek umum yang ada pada citra
tersebut, seperti pemukiman, jalan dan sungai.
3. Jurnal
ilmiah
Peserta
didik dapat mengamati tulisan-tulisan yang ada dalam jurnal ilmiah yang
berkaitan dengan penginderaan jauh dengan kaitannya dengan tata guna lahan,
jaringan transportasi.
4. Informasi
berkala instansi terkait
5. Media
audio visual
Guru
menayangkan audio visual mengenai perkembangan teknologi untuk penginderaan
jauh. Hal ini juga merupakan tahap awal, yaitu hanya tahap pengenalan
teknologi-teknolgi yang digunakan untuk penginderaan jauh. Setelah itu guru
bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai video yang baru ditayangkan
serta memberikan kuis mengenai apa yang bisa diketahui oleh siswa dalam video
tersebut.
6. Peta
tematik penggunaan lahan dan jaringan transportasi
Dalam
hal ini, pesera didik juga diminta untuk mengamati peta tamatik penggunaan lahan
dan jaringan transportasi, ini dapat memberikan gambaran awal kepda peserta
didik bagaimana hasil yang ingin dicapai dalam bab kali ini.
7. Situs
terkait di internet
Situs
terkait atau bahan-bahan yang ada di internet dapat digunakan peserta sebagai
referensi tambahan.
BAB
2
Materi
pokok Geografi :
pemetaan dan sistem informasi geografis untuk pembangunan
Kelas :
XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1) Buku
teks Geografi SMA kelas XII
2) Peta
3) Globe
4) Atlas
5) Citra
penginderaan jauh
6) Jurnal
ilmiah
7) Media
audio visual
8) Situs
terikat di internet
Langkah
penggunaan dari masing-masing sumber belajar :
-
Buku teks geografi untuk kelas XII
Buku
teks geografi merupakan dasar dari sumber ajar yang menyangkut materi tentang
pemetaan dan SIG ini.Banyak sekali referensi buku yang bisa digunakan untuk
menambah wawasan dan informasi terkait tentang materi tersebut.Tak heran jika
guru pertama memberikan pembelajaran dengan menggunakan buku teks tersebut.
-
Peta
Peta
sangat penting dalam materi ini. Setelah guru memberikan penjelasan tentang
pemetaan dan SIG, guru tersebut harus memperlihatkan atau menunjukan peta yang
baik dan benar itu seperti apa. Guru menjelaskan tentang komponen-komponen apa
saja yang harus tercantum dalam peta tersebut. Dengan peta ini, guru dapat
menjelaskan tentang dasar-dasar peta dan pemetaan.
-
Globe
Globe
ini dapat di kolaborasikan dengan peta.Globe ini dapat menjadi penunjang untuk
menjelaskan awal dari sebuah peta itu di buat.Di dalamnya dapat dijelaskan
tentang proyeksi-proyeksi pembuatan peta, yang tadinya gambaran bumi dalam
bentuk bola menjadi gambaran dalam bentuk bidang datar.
-
Atlas
Atlas
dapat menjadi sebuah contoh hasil dari pemetaan dan SIG. Atlas juga adalan
output dari sebuah pemetaan yang dilakukan yang diperjelas dengan adanya
informasi geografi. Untuk itu siswa dapat melihat dan mengetahui hasil dari
pemetaan dan SIG tersebut.
-
Citra pengindraan jauh
Citra
ini juga merupakan salah satu hasil dati SIG. Dengan citra ini, guru dapat
menjelaskan secara umum mengenai interpretasi citra tersebut dalam materi
pengindraan jauh.Dengan citra ini, guru dapat menghubungkan dengan pembangunan.
Citra dengan peta dapat menjadi sebuah hal penting dalam proses perencanaan
pembangunan.
-
Jurnal Ilmiah
Dengan
jurnal ilmiah ini, guru dapat memberitahukan tentang perkembangan pemetaan dan
SIG secara aktual atau kekinian.Bisa juga guru memberikan tugas membuat suatu
jurnal atau makalah tentang materi ini yang di sangkutpautkan dengan
pembangunan, tentu saja dengan pengarahan dari gurunya.
-
Media Audio Visual
Selain
guru menjelaskan dengan menggunakan buku, peta, globe, citra, dan lainnya,
supaya proses belajar lebih menyenangkan dan menarik guru dapat menggunakan
salah satu media pembelajaran berupa video audio visual untuk menjelaskan
tentang pemetaan dan SIG ini. Dalam hal ini, guru di tantang untuk sekreatif
mungkin untuk membuat bahan ajar menggunakan media pembelajaran ini.
BAB
3
Materi
pokok Geografi :
Interaksi Spasial Desa dan
Kota
Kelas :
XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan :
1) Buku
teks geografi kelas XII
2) Situs
internet terkait
3) Peta
Tematik
4) Atlas
5) Citra
Pengindraan Jauh
6) Media
audio visual
7) Lembar
kerja siswa (LKS)
Langkah
penggunaan dari masing-masing sumber belajar :
- Penggunaan
sumber belajar disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran. Pertama
mengamati, dalam tahap ini sumber belajar yang akan dipergunakan adalah
buku teks geografi kelas XII, peta tematik, atlas dan citra pengindraan
jauh untuk menampah pengetahuan mengenai pola keruangan kota, persebaran pemukiman
maupun interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi, alih fungsi
lahan dan keterkaitan lainnya.
- Proses
kedua merupakan kegiatan menanya. Untuk menarik perhatian dan memunculkan
rasa keingintahuan siswa, pada tahapan ini dipergunakan media audio
visual. Berisi animasi, video atupun gambar-gambar yang menarik berkaitan
dengan interaksi spasial desan dan kota. Dengan penggunaan media audio
visual ini diharapkan siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan imajinasi
( mind map) sehingga dapat membandingkannya dengan kenyataan yang pernah
mereka alami atau amati dalam lingkungan sekitarnya, sehingga mendorong
mereka untuk bertanya.
- Selanjutnya
untuk menambah data dan contoh kasus berkaitan dengan interaksi spasial
desa dan kota. Sumber belajar yang digunakan pada tahapan ini adalah situs
internet. Siswa ditugaskan untuk mencari berbagai referensi yang berkaitan
dengan interaksi spasial desa dan kota di internet untuk di jadikan porto
polio.
- Setelah
mengumpulkan informasi yang cukup, pada tahapan ini semua sumber belajar
yang berkaitan dengan materi, data maupun informasi dipergunakan untuk
mengasosiasikan dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
- Hasil
analisis siswa dijadikan tugas makalah sebagai bahan diskusi kelas.
- Tahapan
terakhir evaluasi. Pada tahapan ini barulah lembar kerja siswa
dipergunakan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran juga tingkat
pengetahuan dan pemahaman siswa.
BAB
4
Materi
pokok Geografi :
Percepatan perubahan wilayah
Kelas :
XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan : Data dari Internet
Langkah
penggunaan dari masing-masing sumber belajar :
1.
Guru melakukan apersepsi mengenai wilayah dan perwilayahan
kepada para peserta didik
2.
Setelah melakukan apersepsi,guru
meluruskan pengertian dan perbedaan
wilayah dan perwilayahan.
3.
Guru menjelaskan mengenai teori percepatan pertumbuhan
wilayah , dan faktor apa saja yang
menjadi daya dukung untuk bertumbuhnya suatu wilayah.
4.
Para peserta didik diminta untuk
menyebutkan wilayah-wilayah yang telah maju di indonesia
5.
Setelah menyebutkan wilayah maju ,para
peserta didik diminta untuk membuka web yang berkaitan dengan data rencana
pengembangan wilayah sesuai dengan visi dan misi di daerah yang mereka
sebutkan diberikan alokasi waktu sekitar
15 menit
6.
Salah satu para peserta didik
mempresentasikan hasil data yang diperoleh dari sumber internet
7.
Peserta didik lain diminta untuk
melakukan diskusi dan diminta untuk mengajukan kritik terhadap sistem
perencanaan wilayah yang telah di persentasikan
8.
Guru meluruskan dan menambahkan apa yang
dijelaskan oleh para peserta didik
9.
Para peserta didik diminta untuk
meresume hasil KBM mengenai percepatan perubahan wilayah
BAB
5
Materi
pokok Geografi :
Kajian Regional dan Interaksi Antara Negara Berkembang dan Negara Maju.
Kelas :
XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang
dibutuhkan :
1) Buku
teks geografi kelas XII
2) Situs
internet terkait
3) Peta
dunia
4) Atlas
5) Media
audio visual
6) Lembar
kerja siswa (LKS)
Langkah penggunaan dari
masing-masing sumber belajar :
1) Untuk
penggunaan peta dunia, atlas, buku teks, situs internet, serta bahan bacaan
lain yang terkait dengan materi/bahan ajar, digunakan dalam proses mengamati
yang dilakukan oleh peserta didik berkenaan dengan kajian negara maju dan
negara berkembang yang mencakup sebaran negara berkembang dan negara maju,
karakteristik negara berkembang dan negara maju, pola pertumbuhan ekonomi di
negara berkembang dan negara maju, serta jalinan kerjasama ekonomi saling
menguntungkan antara Indonesia dengan negara sahabat.
2) Selanjutnya
penggunaan media audio visual. Media ini bisa digunakan oleh guru dalam proses
bertanya. Misalnya: guru menyajikan suatu media yang menarik lewat gambar,
video, ataupun animasi yang berkaitan dengan materi/bahan ajar, sehingga media tersebut dapat merangsang peserta didik untuk
mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan.
3) Kemudian
dari hasil proses mengamati dan bertanya tersebut, peserta didik diharapkan
dapat memperoleh informasi terkait materi/bahan ajar yang bersangkutan.
4) Langkah
selanjutnya adalah proses menganalisis data. Data diperoleh dari sumber bacaan
baik buku, situs internet, ataupun literatur lainnya, yang dikombinasikan
dengan peta dunia dan atlas, sehingga peserta didik tidak hanya mengetahui data
mengenai apa itu negara maju dan
berkembang, tetapi juga dapat mengetahui sebaran letak dan posisi geografi dari
masing-masing negara maju dan berkembang. Dari hasil analisis tersebut,
diperoleh suatu ouput berupa skema kerjasama saling menguntungkan antara negara
berkembang dan negara maju.
5) Setelah
itu, peserta didik mengkomunikasikan hasil gagasannya tentang skema kerjasama
saling menguntungkan antara negara berkembang dan negara maju. Proses ini bisa
dilakukan melalui presentasi ataupun diskusi dengan menggunakan alat bantu berupa
media audio ataupun visual.
6) Langkah
terakhir, adalah evaluasi hasil belajar guna mengukur kemampuan siswa dan
mengetahui sampai mana pemahaman yang diperoleh setiap siswa terkait
materi/bahan ajar yang bersangkutan. Evaluasi bisa dilakukan melaui tes yang
berbentuk lembar kerja siswa (LKS).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar