Jumat, 07 November 2014

MG Kuis 3

KELAS X
BAB 1
Materi pokok Geografi                                                                     : Pengetahuan Dasar Geografi
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1)      Buku Pelajaran
2)      Internet
3)      Jurnal ilmiah
4)      Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
5)      Lingkungan
6)      Peta (peta umum, peta geologi, peta kawasan rawan bencana)
7)      Video          
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
Sebelum kelas dimulai peserta didik harus sudah membawa buku pelajaran, artikel yang telah dicari.
1.      Pemberian pengertian dan konsep yang banyak akan membuat peserta didik jenuh dan cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran. Pemberian konsep bisa diberikan melalui kasus tertentu misal (arus mudik).
2.      Pencarian artikel on line atau hard file sebagai sumber untuk dicari peserta didik yang sudah dibawa menjadi bahan analisis untuk membaca kemudian ditelaah secara analisis ada fenomena apa yang berkaitan dengan konsep geografi missal (keterjangkauan, ataum konsep lokasi).
3.      Peserta didik diberi permainan teka-teki bekaitan dengan konsep yang telah dibahas kemudian diberi tugas untuk menjawab teka-teki tersebut.
4.      Penarikan kesimpulan melalui Tanya jawab dan peserta didik diarahkan untuk mencari pengertian, konsep, ruang lingkup, dan pendekatan geografi.
5.      Pemberian setiap sub materi bisa melalui video perjalanan, sedangkan materi pendekatan geografi bisa dilakukan dengan contoh nyata dilingkungan melalui diskusi.
A.           Materi Pembelajaran
1.      Pengertian
a.       Eratosthenes mengungkapkan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang melukiskan dan menggambarkan tentang keadaan dipemukaan bumi.
b.      Prof Bintarto, geografi adalahilmu pengetahuan yang menguraikan sifat-sifat bumi, menganalisis gejala alam atau penduduk.
c.       Semlok IGI, disimpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dalam sudut pandang lingkungan, kewilayahan, dalam konteks keruangan.
2.      Konsep
  1. Konsep Lokasi, yaitu tempat yang menunjukan absolute (mutlak), dan letak relative dipermukaan bumi.
  2. Konsep Jarak, waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai dari satu lokasi ke lokasi yang lain.
  3. Konsep Keterjangkauan, konsep yang berkaitan dengan kemudahan sarana atau prasan dalam menjangkau suatu tempat.
  4. Konsep Pola, tata atur dalam keruangan suatu wilayah.
  5. Konsep Morfologi, konsep yang menjelaskan bentuk dipermukaan bumi.
  6. Konsep Aglomerasi, konsep persebaran dalam membagi dalam beberapa sektor.
  7. Konsep interaksi dan interdependensi, konsep yang menjelaskan suatu ketergantungan atau adanya hubungan antara wilayah satun dengan wilayah lainnya.
  8. Konsep diferensiasi area, konsep yang menjelaskan adanya perbedaan dalam suatu wilayah.
  9. Konsep keterkaitan Wilayah dan Ruang, keterkaitan ruang biasanya dilihat dari adanya fenomena yang sama dalam gejala geografis.
3.      Ruang Lingkup
a.       Geografi Fisik
Melihat geografi sebagai kondisi alam atau lingkungan dan keberadaannya dalam ruang.Topic kajian utamanya berada dalam kajian geosfer.
b.      Geografi Manusia
Geografi dianggap sebagai ilmu sosial dimana kajian utamanya berada pada kehidupan manusia dalam ruang.Missal geografi ekonomi, dll.
4.      Objek Studi
  1. Objek material geografi, merupakan geosfer yaitu terdiri dari beberapa lapisan seperti atmosfer, hidrosfer, litosfer,n biosfer, dan antroposfer.
  2. Objek formal Geografi, cara pandang dalam menyelesaikan permasalahan geografi.
5.      Prinsip-prinsip
  1. Prinsip penyebaran
  2. Prinsip interelasi
  3. Prinsip deskripsi
  4. Prinsip korologi
6.      Cabang-cabang Ilmu Geografi
  1. Astronomi/Kosmografi
  2. Meteorologi/Kliatologi
  3. Geologi/Geomorfologi
  4. Hidrologi
  5. Biogeografi
  6. Penginderaan Jauh
  7. dsb.
Sumber : Iskandar, L.2012. Geografi Kelas X. Bandung. Rosda Karya

BAB 2
Materi pokok Geografi                                                                     : Langkah Penelitian Geografi
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.       Data
b.      Orang
c.       Materi
d.      Lingkungan
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
a.       Data
Data sebagai sumber belajar dapat digunakan dengan peserta didik diminta untuk mencari dan membaca artikel yang berkaitan dengan penelitian geografi.
b.      Orang
Orang sebagai sumber belajar adalah guru atau narasumber yang berkaitan dengan penelitian geografi. Sehingga peserta didik dapat bertanya kepada orang tersebut yang berkaitan dengan penelitian yang mereka akan lakukan.
c.       Materi
Materi/bahan sebagai sumber belajar merupakan materi pokok yang dapat dijadikan landasan teori atau sistematika dalam pembuatan suatu laporan penelitian oleh peserta didik yang akan disampaikan/dijelaskan oleh guru atau peserta didik yang mencari bahan-bahannya.
d.      Lingkungan
Lingkungan sebagai sumber belajar terdiri dari lingkungan sosial dan fisik (alam). Lingkungan dapat digunakan dengan cara melakukan kegiatan dengan membawa peserta didik ke lingkungan, seperti karyawisata, berkemah, praktek lapangan dan sebagainya. Dalam proses pembelajaran dengan cara tersebut akan mampu mempelajari dua lingkungan secara langsung baik itu lingkungan sosial maupun alam. Pilih lingkungan yang dekat dengan sekolah atau rumah sehingga lebih ekonomis dan praktis.

BAB 3
Materi pokok Geografi                                                                     : Mengenal Bumi
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :          
1.        Buku teks pelajaran Geografi kelas X
Buku teks pelajaran ini digunakan saat proses belajar mengajar sehari-hari di kelas. Buku ini menjadi panduan siswa dalam memahami topic-topic bahasan dalam materi pokok mengenal bumi dan buku teks pelajaran ini juga dapat membantu siswa memahami materi yang disampaikan oleh guru. Semua topic bahasan dalam materi pokok mengenal bumi, dapat menggunakan buku teks sebagai sumber belajarnya
2.        Video pembelajaran
Video pembelajaran ini digunakan untuk mempermudah siswa memahami suatu topic bahasan. Topic bahasan yang dapat menggunakan video sebagai sumber belajarnya antara lain mengenai teori penciptaan planet bumi dan karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua. Video pembelajaran ini ditayangkan di depan kelas dengan menggunakan proyektor. Setelah penayangan video selesai, guru memberikan penjelasan kembali mengenai isi video tersebut agar semua siswa memiliki pemahaman yang sama.
3.        Globe dan alat peraga planet
Globe dan alat peraga planet ini dapat menjadi sumber belajar untuk beberapa topic bahasan dalam materi utama mengenal bumi. Topic bahasan tersebut antara lain mengenai gerak rotasi dan revolusi bumi.
4.        Teknologi/internet
Internet  ini digunakan untuk menunjang siswa dalam memahami topic bahasan dalam materi utama mengenal bumi. Guru dapat member tugas kepada siswa untuk membaca beberapa sumber belajar di internet agar pengetahuan dan pemahaman siswa bertambah.
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
Pendahuluan
-          Guru membuka pelajaran dengan bercerita tentang bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup.
-          Guru menggali pengetahuan peserta didik berkaitan dengan materi mengenal bumi
-          Guru merespon jawaban peserta didik kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran dan apa saja yang akan dibahas
Kegiatan Inti
-          Guru memutarkan video mengenai teori penciptaan planet bumi dan karakteristik lapisan bumi dan pergeseran benua. Setelah itu guru menjelaskan kembali mengenai isi video tersebut
-          Peserta didik diminta untuk membagi kelompok menjadi 3 dan masing masing kelompok mengambil undian materi yang akan dibahas. Bahasan pertama yaitu gerakan rotasi dan revolusi bumi, bahasan kedua yaitu kala geologi dan sejarah kehidupan, kelompok ketiga yaitu kelayakan planet bumi untuk kehidupan.
-          Guru menjelaskan aturan diskusi yang akan dilakukan
-          Masing-masing kelompok mengambil media pelajaran yang telah disediakan. Kelompok satu yakni belajar menggunakan globe dan alat peraga planet. Kelompok kedua menggunakan buku teks mengenai materi kala geologi dan sejarah kehidupan, kelompok ketiga menggunakan internet.
-          Peserta didik diminta untuk memahami tiap materi kemudian mempresentasikannya di depan kelas.
Penutup
-          Peserta didik diminta member kesimpulan
-          Guru memberi kesimpulan secara keseluruhan

BAB 4
Materi pokok Geografi                                                                     : Interaksi Manusia dan Lingkungan     dalam Dinamika  Litosfer
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1.      Aktivitas manusia dalam pemanfaatan batuan penyusun litosfera
2.      Pengaruh tektonisme terhadap kehidupan
3.      Pengaruh vulkanisme terhadap kehidupan
4.      Pengaruh seisme terhadap kehidupan
5.      Pengaruh proses eksogen terhadap kehidupan
6.      Pembentukan tanah dan pemanfaatannya       
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1.      Data : Guru menampilkan data – data hasil dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi data yang ditampilkan adalah data seperti perubahan lahan disuatu daerah yang disebabkan oleh gunung api yang meletus. Data yang akan ditampilkan adalah data perubahan sosial yang  berdampak langsung terhadap mata pencaharian.
2.      Benda/Orang.
a.       Benda : Untuk benda guru dapat memberikan peta perubahan lahan yang diakibatkan oleh letusan gunung api tersebut. Guru juga dapat menyarankan kepada peserta didik untuk mencari informasi mengenai fenomena Vulkanisme yang diinformasikan melalui radio dan TV.
3.      Materi :  Guru dapat menayangkan video/film yang menampilkan fenomena vulkanisme yang berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Selanjutnya guru dapat menjelaskan materi tersebut dengan bantuan Buku Geografi dan hangout sesuai materi yang terkait.
4.      Prosedur: Prosedur yang digunakan sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru
5.      Teknik: data, informasi dan video yang di dapat dari guru  dibahas dalam  diskusi kelompok.
6.      Lingkungan: Simulasi di dalam taman sekolah dengan tema meletusnya gunung merapi dan dampak di masyarakat.

BAB 5
Materi pokok Geografi                                                                     : Interaksi manusia dan lingkungan dalam dinamika atmosfer
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1.      Materi
2.      Teknik
3.      Orang / Benda
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
a.       Siswa diminta untuk membaca buku terlebih dahulu sesuai dengan materi yakni atmosfer.
b.      Guru menayangkan video yang berkaitan dengan atmosfer.
c.       Guru mengulas tayangan yang ada di video.
Melakukan teknik diskusi. Membuat dua kelompok besar, masing-masing kelompok membuat beberapa pertanyaan dan pertanyaan tersebut di ajukkan kepada kelompok yang lainnya untuk di jawab.

BAB 6
Materi pokok Geografi                                                                     : Dinamika Hidrosfer
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.    Buku teks pelajaran geografi kelas X
b.    Jurnal ilmiah
c.    Informasi berkala instansi terkait
d.   Peta tematik
e.    Media audio visual
f.     Situs terkait di internet
g.    Dan lain-lain     
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
a.    Buku teks pelajaran geografi kelas X
Langkah penggunaan buku teks pelajaran greografi kelas X bisa digunakan pada saat proses pembelajaran baik di dalam kelas ketika guru sedang menjelaskan suata, selain itu bisa digunakan di luar kelas seperti di rumah masing-masing siswa sebagai buku panduan belajar siswa di luar kelas tanpa guru yang membimbingnya.
b.    Jurnal ilmiah
Langkah penggunaan jurnal ilmiah bisa digunakan sebagai sumber belajar tambahan, selain itu hal tersebut dapat membuat siswa dapat mencari sumber belajar lainnya yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, hal tersebut juga membuat siswa dapat belajar lebih aktif, dan siswa lebih terbangun rasa keingintahuannya.
c.    Informasi berkala instansi terkait
Langkah tersebut dapat digunakan ketika guru membutuhkan data-data yang akurat yang terkait dengan materi yang dipelajari
d.   Peta tematik (hidrosfer)
Peta tematik ini digunakan sebagai media penunjang dalam setiap proses pembelajaran yaitu untuk memperjelas dalam proses pembelajaran dan digunakan sebagai data penunjang guru untuk mengidentifikasi kondisi hidrrologis dari suatu tempat yang berguna sebagai bahan
e.    Media audio visual
Langkah penggunaan media audio visual digunakan pada saat guru menjelaskan materi yang memang harus dijelaskan melalui gambar ataupun video, contohnya ketika guru menjelaskan siklus hidrologi yang memang perlu dibantu dengan media pembelajaran yaitu dengan menampilkan gambar atau video, dengan langkah tersebut diharapkan siswa mampu memahami materi tersebut.
f.     Situs terkait di internet
Situs terkait di internet bisa digunakan ketika guru memberi tugas kepada siswa tentang materi yang terkait, contohnya ketika guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari data tentang hidrologi di Balai Pengelolaan DAS dan Pusat Penelitian Oceanografi, data tersebut bisa didapat diwebsite balai pengolaan dan penelitian tersebut.
g.    Lingkungan Sekitar yang Terkait
Lingkungan sekitar yang terkait bisa digunakan ketika guru menyuruh siswa untuk mengasosiasikan materi hidrosfer di kehidupan nyatanya
h.    Dan lain-lain
Sumber lain-lain ini digunakan sebagai bahan pendukung yang berhubungan dengan materi untuk menunjang proses pembelajaran dan sebagai penambah wawasan guru dan juga peserta didik.

BAB 7
Materi pokok Geografi                                                                     : Mitigasi Dan Adaptasi Bencana Alam.
Kelas                                                                                                   : X (Sepuluh)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1)      Buku Pelajaran
2)      Internet
3)      Jurnal ilmiah
4)      Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
5)      Lingkungan
6)      Peta (peta umum, peta geologi, peta kawasan rawan bencana)
7)      Video          
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
Dalam melaksanakan pembelajaran dibutuhkan sumber belajar untuk memenuhi kebutuhan siswa.Sumber belajar merupakan sarana bagi siswa untuk memahami materi pembelajaran.Langkah-langkah yang digunakan sumber belajar sebagai berikut.
1)      Buku Pelajaran
Buku pelajaran digunakan sebagai sumber belajar karena berisi tentang teori dan konsep belajar.Di dalam buku pelajaran, siswa dapat membandingkan konsep maupun teori terhadap hal-hal yang bersifat konkret.Umumnya langkah saintifik yang digunakan dalam buku pelajaran yaitu mengamati.Siswa membaca buku pelajaran tentang mitigasi bencana berupa jenis-jenis dan karakteristik bencana yang sering muncul di wilayah Indonesia.
2)      Internet.
Internet digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi selain yang ada di dalam buku pelajaran.Umumnya informasi yang ada di internet menambah pengetahuan baru bagi siswa karena informasi tentang mitigasi bencana selalu sesuai dengan perkembangan jaman.Langkah saintifik yang digunakan pada sumber belajar internet yaitu mengumpulkan informasi.Siswa mencari informasi tentang jenis dan karakteristik bencana alam di Indonesia.
3)      Jurnal Ilmiah dan Berita dan kasus yang dimuat oleh media masa (koran dan majalah)
Jurnal ilmiah dan koran/majalah digunakan oleh guru untuk menjadi bahan ajar tambahan yang terbaru karena bencana yang terjadi dapat berubah-ubah. Serta dijadikan contoh bahan ajar mengenai jenis dan karakteristik bencana alam, sebaran daerah rawan bencana alam di Indonesia,  upaya pengurangan resiko bencana alam dan kelembagaan penanggulangan bencana alam, selain itu peserta didik juga diminta untuk menganalisis jurnal tersebu
4)      Lingkungan
Lingkungan menjadi salah satu sumber belajar bagi siswa karena bersifat konkret atau fakta yang terjadi di dalam kenyataan.Siswa dapat melakukan komparasi antara konsep yang telah diberikan oleh guru yang bersifat teoritis yang ada di kelas dengan melakukan pembuktian dengan mengamati fenomena yang ada di lingkungan.
5)      Peta
Peta digunakan sebagai sumber belajar pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam. Sumber belajar peta bisa menggunakan peta umum sebagai peta dasar bagi siswa untuk mengenali wilayah geografis indonesia, peta geologi digunakan untuk mengenali persebaran sumber galian maupun faktor-faktor penyebab bencana dan peta kawasan rawan bencana sebagai bahan yang digunakan untuk mengetahui wilayah yang terkena langsung dampak bencana serta mencari lokasi yang aman untuk evakuasi.
6)      Video
Video digunakan sebagai sumber belajar karena berisi penjelasan melalui media audio dan visual.Pada sumber belajar ini melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan mendengar informasi dan kemampuan menganalisis fenomena secara visual.D
KELAS XI
BAB 1
Materi pokok Geografi                                                                     : Sebaran Flora Dan Fauna Indonesia Dan Dunia
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :          
  1. Data: Video mengenai persebaran flora dan fauna, peta persebaran flora dan fauna.
  2. Benda atau orang: flora dan fauna yang ada di sekitar lingkungan peserta didik dan guru pendidik.
  3. Materi: seperti buku mata pelajaran, internet.
  4. Lingkungan: memanfaatkan fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar peserta didik.
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1.      Data yang berupa video diggunakan pada saat awal pembelajaran di dalam kelas. Agar siswa dapat mengamati mengenai pesebaran flora dan fauna. Lalu peta dapat digunakan oleh guru dalam menunjukan persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia saat setelah penampilan video.
2.      Benda. Benda disini ialah jenis-jenis tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Sebaiknya guru membawa gambar-gambar flora dan fauna untuk dijadikan contoh saat menerangkan pesebaran flora dan fauna di dalam kelas, dimana bersamaat pada saat menunjukan peta persebaran flora fauna.
3.      Lingkungan. Guru mengajak peserta didik untuk bersama sama mengamati flora dan fauna yang ada di sekitar lingkungan sekolah, apabila waktu pembelajaran masih memungkinkan.
4.      Materi. Lalu guru bisa memberikan tugas untuk mencari masalah dan teori teori yang ada dan meminta peserta didik untuk mengidentifikasi flora dan fauna. Dengan mencarinya di berbagai sumber seperti buku matapelajaran maupun internet.

BAB 2
Materi pokok Geografi                                                                     : Sebaran Barang Tambang di Indonesia
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
-     Buku teks pelajaran geografi kls XI
-     Data barang tambang dari kementerian ESDM
-     Jurnal ilmiah
-     Informasi dari instansi terkait
-     Media Audio Visual
-     Sampel barang tambang
-     Peta tematik
-     Sumber lain yang diperoleh dari situs terkait di internet,
-     Lembar Kerja Siswa
·         Sumber Belajar yang dirancang (by design) diantaranya :
a.       Buku teks pelajaran geografi kls XI
b.      Media Audio Visual
c.       Sample Barang Tambang
d.      Sumber lain yang diperoleh dari situs terkait (di Internet)
e.       Lembar Kerja Siswa
·         Sumber Belajar yang dimanfaatkan (by utilization)
a.       Data Barang Tambang dari kementrian ESDM
b.      Jurnal Ilmiah
c.       Instansi Terkait
d.      Peta Tematik  
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
A.    Eksplorasi
Dalam eksplorasi, sumber pembelajaran yang digunakan diantaranya :
1.      Buku Teks Pelajaran Geografi kelas XI dan Sumber Lain yang Terkait di Internet.
Merupakan sumber belajar yang dirancang.Digunakan pada saat sebelum memasuki materi sebaran tambang di Indonesia. Peserta didik diberikan arahan untuk membaca terlebih dahulu tentang proses pembentukan barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi barang yang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan. Sehingga peserta didik mendapatan wawasan tersebut dan guru hanya memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk bertanya bagian yang menurut mereka tidak dimengerti/dipahami.
2.      Sample Barang Tambang
Digunakan untuk mengeksplorasi berbagai jenis barang tambang.
3.      Media Audio Visual
Digunakan setelah buku teks pelajaran geografi kelas XI, jadi setelah peserta didik memahami tentang proses pembentukan barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi barang yang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan, peserta didik diberikan suatu film pendek atau movie tentang kondisi pertambangan di Indonesia.
B.     Elaborasi
Dalam elaborasi, sumber pembelajaran yang digunakan diantaranya :
1.      Informasi dari Instansi Terkait.
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dan diajak untuk berkunjung ke museum geologi, instansi Dinas Pertambangan dan Energi setempat atau bisa observasi di lingkungan sekitar untuk mencari informasi tentang proses pembentukan barang tambang, potensi dan persebaran barang tambang, eksplorasi dan eksploitasi barang tambang ramah lingkungan, pemanfaatan, efisiensi dan reklamasi lokasi pertambangan, serta tata kelola pertambangan.
2.      Data Barang Tambang dari Kementrian ESDM.
Digunakan pada saat bereksperimen, dijadikan salah satu sumber pembelajaran untuk menunjang penyusunan laporan hasil observasi lapangan.
jurnal Ilmiah

BAB 3
Materi pokok Geografi                                                                     : Potensi Geografi Indonesia
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.       Data                           : perbatasan indonesia, peta sebaran barang tambang indonesia, peta komoditas pertanian indonesia, vidio potensi geografis indonesia, situs internet terkait
b.      Orang/ Benda             : Guru, narasumber lain  / Buku, peta, audio visual, atlas
c.       Materi                         : buku geografi kelas XI
d.      Teknik                        : Diskusi, observasi
e.       Lingkungan                : ruang kelas, alam terbuka     
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1)      Data
a.       Peta
Peserta didik dapat mengamati dengan menggunakan peta seperti peta batas- batas indonesia yaitu batas laut territorial, batas landas kontinen, dan zona ekonomi ekslusif selain itu mengamati peta sebaran barang tambang indonesia, dan peta komoditas pertanian indonesia. Sebelumnya mencari informasi mengenai deklarasi juanda.
b.      Video
Peserta didik mengamati video yang menayangkan mengenai potensi fisik dan sosial dari indonesia, yaitu potensi geografis indonesia untuk ketahanan pangan seperti potensi pertanian, perikanan, peternakan dan kehutanan; potensi geografis indonesia untuk bahan baku industry seperti bahan galian bangunan , bahan bakar, dan lain-lain. Potensi geografis indonesia untuk pengembangan energi arternatif seperti hidrologi, angin, cahaya matahari dan hydrothermal.
2)      Orang/ Benda
a.       Guru
Guru berperan sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Memberikan fasilitas dalam penyediaan informasi dan membimbing siswa dalam memproses informasi tersebut sehinga dapat tercapainya tujuan pembelajaran.
b.      Narasumber lain
Narasumber lain seperti tokoh masyarakat, pimpinan lembaga misalnya
Pada saat peserta didik melakukan observasi ke lapangan seperti ke tempat pengembangan pembangkit listrik tenaga air.Peserta didik dapat meneliti, menanyakan dan mengetahui informasi mengenai pengembangan pembangkit listrik kepada pimpinan lembaganya.
selain itu dalam mendapatkan informasi tambahan bisa juga dengan menggunakan buku, peta, dan lainnya yang meyangkut dengan materi tersebut.
3)      Materi
Buku teks pembelajaran geografi merupakan sumber utama kegiatan pembelajaran. Sehingga peserta didik dapat mengidentifikasi mengenai luas wilayah dan batas teritorial, Potensi fisik dan sosial wilayah indonesia, Potensi geografis indonesia untuk ketahanan panagan, Potensi geografis indonesia untuk menyediaan bahan industri, Potensi geografis indonesia untuk pengembangan energi alternatif dengan menggunakan beberapa referensi dari beberapa sumber buku teks pembelajaran geografi. selain itu sumbermateri lainnya dapat di peroleh juga di artikel maupun di internet.
4)      Teknik.
a.       Observasi
Observasi lapangan dilakukan agar peserta didik lebih aktif dalam memperoleh informasi data maupun melakukan kegiatan praktikum langsung dari objek yang di teliti. Sehingga selain siswa mendapatkan informsi secara langsung siwa pun mendapatkan pengalaman
b.      Diskusi
Dilakukan untuk bertukar informasi mengenai materi yang telah di terima oleh siswa baik dari hasil pengamatan, observasi lapangan, studi pustaka dan sebaginya.Selain itu dengan melakukan teknik diskusi peserta didik, secara tidak langsung menjadi kreatif hal ini dikarenakan dengan menampilkan materi menggunakan media yang menarik seperti power point dalam penyampaian materinya.
5)      Lingkungan
a.       Ruangan kelas
Pembelajaran diruang kelas bisa dugunakan sebagai kegiatan untuk mengamati peta dan video, diskusi dan untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal.
b.      Alam terbuka
Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai keperluan belajar  yang ada dilingkungan sekitar  seperti museum, tokoh masyarakat dan lainnya yang ada di lingkungan sekitar. Misalnya dengan melakukan observasi kelapangan dan dilakukan dengan bimbingan guru, sehingga Peserta didik dapat dibimbing dan terarah dalam melakukan observasi.
BAB 4
Materi pokok Geografi                                                                     : Dinamika dan permasalahan kependudukan
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.       Data:  hasil survey lapangan yang telah ada, slide pembelajaran geografi yang diperoleh dari berbagai sumber.
b.      Orang atau benda : masyarakat dan penduduk yang berkaitan dengan materi pembelajaran, guru dan tenaga ahli yang berhubungan dengan materi yang dipelajari, berbagi pengalaman sesama teman.
c.       Materi  : berasal dari buku pelajaran, film dan video yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.
d.      Prosedur : berdasarkan aturan dan materi pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah atau instansi tertentu.
e.       Teknik : dengan melalui pemecahan masalah yang ada dan melakukan diskusi dalam kelompok
f.       Lingkungan: lingkungan masyarakat, kelas, sekolah.
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
Dalam pelajaran dinamika dan permasalahan penduduk sumber belajar tersebut harus dimanajemes sebaik mungkin supaya proses belajar dan materi yang disampaikan kepada peserta didik dapat dengan mudah dipahaminya dan tujuan dari pembelajaran tersebut mudah dicapai. Adapun langkah langkah penggunaan dri sumber belajar tersebut adalah pada awal pembelajaran, yaitu pada awal pertemuan dalam proses pembelajaran, guru memberikan materi yang bersumber dari buku pelajaran, film, video,  dan materi-materi yang ditetapkan dan diberikan oleh pemerintah dan ketentuan oleh instansi terkait, untuk bagian pertengahan pertemuan guru memberikan pembelajaran yang bersumber dari pemecahan masalah, diskusi dalam kelompok, dan melakukan praktek dilapangan atau lingkungan masyarakat. Pada tahap akhir pertemuan massa pembelajaran, guru melakukan pembelajaran yang bersumber dari pengalaman teman sekelas yaitu melalui sharing informasi dan berbagi ilmu pengetahuan, dan pada tahap akhir guru memberikan ujian dan tes untuk memberikan penilaian terakhir.

BAB 5
Materi pokok Geografi                                                                     : Budaya Nasional dan Interaksi Global
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
·         Data : peta, koran, majalah, tv, situs internet terkait, vidio sebaran keragaman budaya nasional
·         Orang : Guru, orang tua.
·         Benda : alat- alat kesenian tradional dan modern
·         Materi : Buku geografi kelas XI
·         Prosedur : wawancara
·         Teknik : Diskusi, observasi
·         Lingkungan : Masyarakat sekitar tempat tinggal siswa,  
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
·         Data
-          Peta Indonesia dan peta dunia
Peta yang digunakan sebagai sumber belajar dalam materi budaya nasional dan interaksi global adalah peta Indonesia dan peta dunia.Peta Indonesia tersebut digunakan untuk mengetahui karakteristik kebudayaan Indonesia yang berkaitan dengan letak geografisnya.Sedangkan peta dunia digunakan untuk mengetahui pengaruh kebudayaan asing dalam memepengaruhi kebudayaan lokal berdasarkan letak georafisnya.
-          Tv, koran dan majalah
Tv, koran dan majalah digunakan untuk mengetahui perkembangan budaya saat ini dan sebagai sumber pengetahuan informal bagi siswa.
-          Vidio keragaman budaya nasional
Vidio ini digunakan untuk memperlihatkan tayangan keragaman budaya nasional. Karena dengan menggunakan vidio akan menarik minat siswa sehingga materi dapat tersampaikan dengan baik.
·         Orang
-          Guru
Guru berfungsi sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Memebimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
-          Orang tua
Orang tua berfungsi sebagai sumber pengetahuan tahap awal anak mengenal kebudayaan.Membimbing anak agar tidak terpengaruh kebudayaan yang menyimpang.
·         Benda : Alta kesenian tradisional dan modern
Alat kesenian tradisional dan modern digunakan sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran. Alat-alat ini juga sebagai perbandingan kebudayaan tradional dan modern akibat pengaruh dari interaksi global.
·         Materi : buku geografi kelas XI
Buku Geografi kelas XI di gunakan sebagai sumber belajar utama bagi siswa.
·         Prosedur : wawancara
Wawancara digunakan untuk memperoleh data dari masyarakat saat observasi. Data tersebut kemudian di buat makalah yang nantinya akan dipersentasikan di kelas sebabai bahan diskusi.
·         Teknik
-          Obervasi atau pengamatan merupakan metode yang diguanakan oleh siswa untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dalam pembuatan makalah. Metode ini diangap efektif karena siswa terjun lansung ke lokasi penelitian yang diinginkan sehingga langsung bertemu dengan objek yang di teliti.
-          Diskusi merupakan kegiatan bertukar informasi/data berdasarkan hasil pengamatan siswa di lapangan.
·         Lingkungan : Lingkungan masyarakat sekitar
·         Lingkungan masyarakat sekitar merupakan objek kajian dalam observasi.Masyarakat sekitar.

BAB 6
Materi pokok Geografi                                                                     :
a.      Kegiatan pertanian yang berkelanjutan
b.      Kegiatan pertambangan yang berkelanjutan
c.       Kegiatan industri yang berkelanjutan
d.      Kegiatan pariwisata yang berkelanjutan
e.       Pemanfaatan sumberdaya alam dengan prinsip ekoefisiensi
f.       Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dalam pemanfaatan sumberdaya alam.Sertifikat ekolabel (sertifikat untuk produk ramah lingkungan) dalam perdagangan bebas dunia.
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.     Data : Data dan informasi dari KESDM, KLH, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
b.      Orang atau benda : Peta tematik,PosterMateri :Buku teks pelajaran geografi kls XI, situs web internet
c.       Prosedur : Silabus dan RPP
d.      Teknik :Diskusi
e.       Lingkungan : Praktikum        
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
a.       Data  :
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami data dan informasi dari KESDM, KLH, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
b.      Orang atau benda :
-       Peserta didik diminta untuk mengamati dan menganalisis peta tematik (persebaran sumber daya alam di kecamatan Cikatomas Kabupaten) yang bersumber pada peta RBI lembar 1009-105.
-       Peserta didik diminta untuk memahami gambar contoh sumber daya alam berupa tambang pasir, petanian, perkebunan,dan pariwisata yang ada di kecamatan Cikatomas.
c.       Materi :
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami serta mengkomparasikan materi tentang kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di buku teks pelajaran Geografi kls XI dan situs web internet.
d.      Prosedur :
Guru menerangkan tujuan pembelajaran kepada peserta didik mengenai materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan prosedur Silabus serta mempraktikannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat.
e.       Teknik :
Guru membagi kepada peserta didik menjadi empat kelompok untuk mendiskusikan materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam yang di antaranya pertanian, pertambangan, perkebunan, dan pariwisata untuk persiapan praktikum.
f.       Lingkungan :
Peserta didik diminta untuk obeservasi lingkungan mengenai kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam di kecamatan Cikatomas, sesuai dengan kelompok masing-masing lalu hasil dari praktikum tersebut dipresentasikan sesuai dengan kajian yang telah dibagi.

BAB 7
Materi pokok Geografi                                                                     :
a.      Lingkungan hidup (aliran energi, rantai makanan, siklus biogeokimia).
b.      Kualitas dan baku mutu lingkungan.
c.       Pencemaran, perusakan dan resiko lingkungan.
d.      Kebijakan dan peta jalan (road map) implementasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.
Kelas                                                                                                   : XI (Sebelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
a.       Data: Data KLH (Kementrian Lingkungan Hidup).
b.      Orang atau benda: Gambar dan Peta Jalan (road map) implementasi pembangunan di Indonesia yang didapat dari Instansi Kementerian PPN/Bappenas.
c.       Materi: Buku teks pelajaran geografi kelas XI, Video animasi (Aliran energi, Rantai makanan, Siklus biogeokimia), Artikel atau berita kasus yang dimuat di media massa.
d.      Prosedur: Sesuai dengan Silabus Kurikulum 2013 dan RPP.
e.       Teknik: Diskusi.
f.       Lingkungan: Praktikum.  
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
a.       Peserta didik diminta untuk mengamati dan memahami Data KLH (Kementrian Lingkungan Hidup. Data tersebut berupa data informasi mengenai kondisi lingkungan di Indonesia saat ini baik.
b.      Orang atau Benda:
-          Peserta didik diminta untuk mendengarkan dan memahami gambar aliran energi, rantai makanan, dan siklus biogeokimia yang dijelaskan oleh media pembelajaran. Disini guru menggunakan sebuah media visual (infokus) berupa video animasi yang berisikan gambar tersebut.
-          Peserta didik diminta untuk mengamati dan menganalisis peta jalan (road map) implementasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia saat ini yang didapat dari Instansi Kementerian PPN/Bappenas. Peta jalan (road map) ini berupa sebuah gambar dalam kertas yang dibagikan kepada kelompok. Peserta didik dibagi ke dalam delapan kelompok.
c.       Materi:
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami materi tentang pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di buku teks pembelajaran Geografi kelas XI dan artikel mengenai pembangunan berkelanjutan dari sumber media internet.
d.      Prosedur:
Guru menerangkan tujuan pembelajaran kepada peserta didik mengenai materi  pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan prosedur Silabus serta mempraktikannya sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya.
e.       Teknik:
Guru menyuruh peserta didik untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya untuk mendiskusikan materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan yang diantaranya berupa kumpulan beberapa artikel atau berita kasus tentang pelestarian lingkungan hidup yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan yang telah dicari sebelumnya. Artikel tersebut dianalisis lalu dipersentasikan oleh masing-masing kelompok.
f.       Lingkungan:
Peserta didik diminta untuk observasi lingkungan mengenai pelestarian lingkungan hidup di Cagar Alam gunung Simpang yang berada di Kecamatan Cicadun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.Peserta didik diminta untuk mengisi instrumen yang telah disediakan sesuai dengan kelompok masing-masing.Instrumen tersebut dianalisis lalu hasil dari praktikum dituangkan dalam makalah dan dipresentasikan.
KELAS XII
BAB 1
Materi pokok Geografi                                                                     : Penginderaan Jauh untuk tata guna lahan dan transportasi
Kelas                                                                                                   : XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1.      Buku teks geografi SMA kelas XII
2.      Citra foto dan digital
3.      Jurnal ilmiah
4.      Informasi berkala instansi terkait
5.      Media audio visual
6.      Petatematik penggunaan lahan dan jaringan transportasi
7.      Situs terkait di internet          
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1.      Buku teks geografi SMA kelas XII
Buku teks geografi dapat digunakan siswa sebagai pegangan awal ddalam pembelajaran ini. Dalam buku teks terdapat konsep-konsep mengenai penginderaan jauh dan pemanfaatanya untuk tata guna lahan dan untuk jaringan transportasi. Pesera didik dapat menjadikan buku teks tersebut sebagai referensi pertama, namun diharapkan peserta didik tidak puas hanya dengan satu sumber/buku saja, karena masih banyak sumber-sumber atau buku-buku lain yang membahas mengenai penginderaan jauh untuk tata guna lahan dan transportasi ini. Guru juga dapat memberikan tugas melalui buku ini, seperti meminta siswa untuk mengerjakan latihan-latihan yang terdapat di dalam buku ini.
2.      Citra foto dan digital
Guru menyediakan citra foto ataupun citra digital untuk diberikan kepada peserta didik. Peserta didik diharapkan aktif untuk mengamati citra foto dan citra digital, ini merupakan tahap awal dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dengan mengamati citra pesera didik diharapkan mampu memahami dan paling tidak bisa mengidentifikasi objek-objek umum yang ada pada citra tersebut, seperti pemukiman, jalan dan sungai.
3.      Jurnal ilmiah
Peserta didik dapat mengamati tulisan-tulisan yang ada dalam jurnal ilmiah yang berkaitan dengan penginderaan jauh dengan kaitannya dengan tata guna lahan, jaringan transportasi.
4.      Informasi berkala instansi terkait
5.      Media audio visual
Guru menayangkan audio visual mengenai perkembangan teknologi untuk penginderaan jauh. Hal ini juga merupakan tahap awal, yaitu hanya tahap pengenalan teknologi-teknolgi yang digunakan untuk penginderaan jauh. Setelah itu guru bisa memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai video yang baru ditayangkan serta memberikan kuis mengenai apa yang bisa diketahui oleh siswa dalam video tersebut.
6.      Peta tematik penggunaan lahan dan jaringan transportasi
Dalam hal ini, pesera didik juga diminta untuk mengamati peta tamatik penggunaan lahan dan jaringan transportasi, ini dapat memberikan gambaran awal kepda peserta didik bagaimana hasil yang ingin dicapai dalam bab kali ini.
7.      Situs terkait di internet
Situs terkait atau bahan-bahan yang ada di internet dapat digunakan peserta sebagai referensi tambahan.

BAB 2
Materi pokok Geografi                                                                     : pemetaan dan sistem informasi geografis untuk pembangunan
Kelas                                                                                                   : XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1)      Buku teks Geografi SMA kelas XII
2)      Peta
3)      Globe
4)      Atlas
5)      Citra penginderaan jauh
6)      Jurnal ilmiah
7)      Media audio visual
8)      Situs terikat di internet
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
-          Buku teks geografi untuk kelas XII
Buku teks geografi merupakan dasar dari sumber ajar yang menyangkut materi tentang pemetaan dan SIG ini.Banyak sekali referensi buku yang bisa digunakan untuk menambah wawasan dan informasi terkait tentang materi tersebut.Tak heran jika guru pertama memberikan pembelajaran dengan menggunakan buku teks tersebut.

-          Peta
Peta sangat penting dalam materi ini. Setelah guru memberikan penjelasan tentang pemetaan dan SIG, guru tersebut harus memperlihatkan atau menunjukan peta yang baik dan benar itu seperti apa. Guru menjelaskan tentang komponen-komponen apa saja yang harus tercantum dalam peta tersebut. Dengan peta ini, guru dapat menjelaskan tentang dasar-dasar peta dan pemetaan.

-          Globe
Globe ini dapat di kolaborasikan dengan peta.Globe ini dapat menjadi penunjang untuk menjelaskan awal dari sebuah peta itu di buat.Di dalamnya dapat dijelaskan tentang proyeksi-proyeksi pembuatan peta, yang tadinya gambaran bumi dalam bentuk bola menjadi gambaran dalam bentuk bidang datar.


-          Atlas
Atlas dapat menjadi sebuah contoh hasil dari pemetaan dan SIG. Atlas juga adalan output dari sebuah pemetaan yang dilakukan yang diperjelas dengan adanya informasi geografi. Untuk itu siswa dapat melihat dan mengetahui hasil dari pemetaan dan SIG tersebut.

-          Citra pengindraan jauh
Citra ini juga merupakan salah satu hasil dati SIG. Dengan citra ini, guru dapat menjelaskan secara umum mengenai interpretasi citra tersebut dalam materi pengindraan jauh.Dengan citra ini, guru dapat menghubungkan dengan pembangunan. Citra dengan peta dapat menjadi sebuah hal penting dalam proses perencanaan pembangunan.

-          Jurnal Ilmiah
Dengan jurnal ilmiah ini, guru dapat memberitahukan tentang perkembangan pemetaan dan SIG secara aktual atau kekinian.Bisa juga guru memberikan tugas membuat suatu jurnal atau makalah tentang materi ini yang di sangkutpautkan dengan pembangunan, tentu saja dengan pengarahan dari gurunya.

-          Media Audio Visual
Selain guru menjelaskan dengan menggunakan buku, peta, globe, citra, dan lainnya, supaya proses belajar lebih menyenangkan dan menarik guru dapat menggunakan salah satu media pembelajaran berupa video audio visual untuk menjelaskan tentang pemetaan dan SIG ini. Dalam hal ini, guru di tantang untuk sekreatif mungkin untuk membuat bahan ajar menggunakan media pembelajaran ini.

BAB 3
Materi pokok Geografi                                                                     : Interaksi Spasial Desa dan Kota
Kelas                                                                                                   : XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1)    Buku teks geografi kelas XII
2)    Situs internet terkait
3)    Peta Tematik
4)    Atlas
5)    Citra Pengindraan Jauh
6)    Media audio visual
7)    Lembar kerja siswa (LKS)        
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
  1. Penggunaan sumber belajar disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran. Pertama mengamati, dalam tahap ini sumber belajar yang akan dipergunakan adalah buku teks geografi kelas XII, peta tematik, atlas dan citra pengindraan jauh untuk menampah pengetahuan mengenai pola keruangan kota, persebaran pemukiman maupun interaksi desa dengan kota dalam pengembangan ekonomi, alih fungsi lahan dan keterkaitan lainnya.
  2. Proses kedua merupakan kegiatan menanya. Untuk menarik perhatian dan memunculkan rasa keingintahuan siswa, pada tahapan ini dipergunakan media audio visual. Berisi animasi, video atupun gambar-gambar yang menarik berkaitan dengan interaksi spasial desan dan kota. Dengan penggunaan media audio visual ini diharapkan siswa dapat mengembangkan pengetahuan dan imajinasi ( mind map) sehingga dapat membandingkannya dengan kenyataan yang pernah mereka alami atau amati dalam lingkungan sekitarnya, sehingga mendorong mereka untuk bertanya.
  3. Selanjutnya untuk menambah data dan contoh kasus berkaitan dengan interaksi spasial desa dan kota. Sumber belajar yang digunakan pada tahapan ini adalah situs internet. Siswa ditugaskan untuk mencari berbagai referensi yang berkaitan dengan interaksi spasial desa dan kota di internet untuk di jadikan porto polio.
  4. Setelah mengumpulkan informasi yang cukup, pada tahapan ini semua sumber belajar yang berkaitan dengan materi, data maupun informasi dipergunakan untuk mengasosiasikan dengan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Hasil analisis siswa dijadikan tugas makalah sebagai bahan diskusi kelas.
  6. Tahapan terakhir evaluasi. Pada tahapan ini barulah lembar kerja siswa dipergunakan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran juga tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa.

BAB 4
Materi pokok Geografi                                                                     : Percepatan perubahan wilayah
Kelas                                                                                                   : XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  : Data dari Internet
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1.      Guru melakukan  apersepsi mengenai wilayah dan perwilayahan kepada para peserta didik
2.      Setelah melakukan apersepsi,guru meluruskan  pengertian dan perbedaan wilayah dan perwilayahan.
3.      Guru menjelaskan  mengenai teori percepatan pertumbuhan wilayah  , dan faktor apa saja yang menjadi daya dukung untuk bertumbuhnya suatu wilayah.
4.      Para peserta didik diminta untuk menyebutkan wilayah-wilayah yang telah maju di indonesia
5.      Setelah menyebutkan wilayah maju ,para peserta didik diminta untuk membuka web yang berkaitan dengan data rencana pengembangan wilayah sesuai dengan visi dan misi di daerah yang mereka sebutkan  diberikan alokasi waktu sekitar 15 menit
6.      Salah satu para peserta didik mempresentasikan hasil data yang diperoleh dari sumber internet
7.      Peserta didik lain diminta untuk melakukan diskusi dan diminta untuk mengajukan kritik terhadap sistem perencanaan wilayah yang telah di persentasikan
8.      Guru meluruskan dan menambahkan apa yang dijelaskan oleh para peserta didik
9.      Para peserta didik diminta untuk meresume hasil KBM mengenai percepatan perubahan wilayah

BAB 5
Materi pokok Geografi                                                                     : Kajian Regional dan Interaksi Antara Negara Berkembang dan Negara Maju.
Kelas                                                                                                   : XII (Duabelas)
Jenis-jenis sumber belajar yang dibutuhkan                                  :
1)   Buku teks geografi kelas XII
2)   Situs internet terkait
3)   Peta dunia
4)   Atlas
5)   Media audio visual
6)   Lembar kerja siswa (LKS)        
Langkah penggunaan dari masing-masing sumber belajar          :
1)   Untuk penggunaan peta dunia, atlas, buku teks, situs internet, serta bahan bacaan lain yang terkait dengan materi/bahan ajar, digunakan dalam proses mengamati yang dilakukan oleh peserta didik berkenaan dengan kajian negara maju dan negara berkembang yang mencakup sebaran negara berkembang dan negara maju, karakteristik negara berkembang dan negara maju, pola pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dan negara maju, serta jalinan kerjasama ekonomi saling menguntungkan antara Indonesia dengan negara sahabat.
2)   Selanjutnya penggunaan media audio visual. Media ini bisa digunakan oleh guru dalam proses bertanya. Misalnya: guru menyajikan suatu media yang menarik lewat gambar, video, ataupun animasi yang berkaitan dengan materi/bahan ajar, sehingga media  tersebut dapat merangsang peserta didik untuk mengajukan pertanyaan ataupun memberikan tanggapan.
3)   Kemudian dari hasil proses mengamati dan bertanya tersebut, peserta didik diharapkan dapat memperoleh informasi terkait materi/bahan ajar yang bersangkutan.
4)   Langkah selanjutnya adalah proses menganalisis data. Data diperoleh dari sumber bacaan baik buku, situs internet, ataupun literatur lainnya, yang dikombinasikan dengan peta dunia dan atlas, sehingga peserta didik tidak hanya mengetahui data mengenai  apa itu negara maju dan berkembang, tetapi juga dapat mengetahui sebaran letak dan posisi geografi dari masing-masing negara maju dan berkembang. Dari hasil analisis tersebut, diperoleh suatu ouput berupa skema kerjasama saling menguntungkan antara negara berkembang dan negara maju.
5)   Setelah itu, peserta didik mengkomunikasikan hasil gagasannya tentang skema kerjasama saling menguntungkan antara negara berkembang dan negara maju. Proses ini bisa dilakukan melalui presentasi ataupun diskusi dengan menggunakan alat bantu berupa media audio ataupun visual.
6)   Langkah terakhir, adalah evaluasi hasil belajar guna mengukur kemampuan siswa dan mengetahui sampai mana pemahaman yang diperoleh setiap siswa terkait materi/bahan ajar yang bersangkutan. Evaluasi bisa dilakukan melaui tes yang berbentuk lembar kerja siswa (LKS).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar